April 24, 2013

LiteIDE X: IDE Cross Platform untuk Go

IDE (Integrated Development Environment) adalah komponen penting dalam pengembangan software. Dengan software ini, pengembang bisa menggunakan komponen-komponen yang terintegrasi ke dalam satu software sehingga memudahkan pengembangan untuk fokus pada pekerjaan pengembangan software. Jika pada beberapa waktu yang lalu saya sudah membahas penggunaan Vim sebagai IDE dari Go, sekarang ini saya akan membahas IDE lainnya yang saya pikir mempunyai fitur bagus dan merupakan software bebas.

Pada dasarnya ada beberapa IDE yang bisa digunakan selain Vim. LiteIDE X dibuat oleh visualfc dan tersedia dalam bentuk source code maupun binary:

Source code:
Binary:
Jika akan men-download versi binary, ada 2 kategori yang bisa dipilih yaitu LiteIDE X dan LiteIDE X + WebKit. Jenis kedua diperlukan jika kita akan menggunakan LiteIDE X untuk membuat file-file Markdown (.md).

Instalasi

Instalasi di Linux sangat mudah, hanya tinggal mengekstrak file yang kita download (saat ini versi terakhir adalah versi X17) pada suatu direktori dan jika ingin menjalankan cukup dengan mengeksekusi file $LITEIDEX_HOME/bin/liteide (cd $LITEIDEX_HOME/bin; ./liteide &):



Konfigurasi GOPATH

Saat pertama kali menggunakan software ini, GOPATH akan ditentukan berada di $GOROOT (di tempat saya: /home/bpdp/software/go). Konfigurasi ini disebut system GOPATH. Kita bisa menambahkan konfigurasi Custom GOPATH dengan memilih menu berikut:


Setelah itu akan muncul dialog untuk mengisikan Custome GOPATH, isikan direktori tempat kita membuat proyek software:



Membuat Proyek

Untuk membuat proyek baru, pilih menu File - New... akan muncul dialog berikut:


Pada Name, isikan nama proyek. Nama ini akan menjadi file executable jika kita akan membuat proyek yang berjenis Command Project. Ada beberapa pilihan disini:
  1. Empty File: file kosong
  2. Go Source File: Source code aplikasi Go kita
  3. LUA: untuk bahasa pemrograman Lua (seharusnya Lua, bukan LUA).
  4. Markdown File: membuat file .md (biasanya README.md atau dokumentasi-dokumentasi dibuat dalam format ini).
  5. Command Project: menghasilkan executable binary file, jika tanpa GOPATH, kita bisa memilih di direktori mana saja
  6. Package Project: menghasilkan pustaka
Untuk pertama ini, kita buat Command Project pada GOPATH, isikan nama, kemudian klik OK, akan muncul:


Pilih Yes untuk mengaktifkan proyek baru kita. Saat proyek di-load, ada beberapa file yang dibuatkan oleh LiteIDE X:


Jika ingin melihat struktur dari file yang kita edit, kita bisa melihat ke Outline di sebelah kanan:



Mengkompilasi dan Menjalankan

Program yang kita buat dijalankan dengan menggunakan Ctrl-R atau menu berikut:



Hasilnya ada pada Build Output sebagai berikut:


Code Completion

Dengan menginstall dan menjalankan gocode (https://github.com/nsf/gocode), maka kita bisa menggunakan code completion di LiteIDE X. Gocode merupakan daemon, artinya program yang berjalan di latar belakang. Ikuti instalasinya di URL tersebut setelah itu, aktifkan sebelum masuk ke LiteIDE X. Tanpa konfigurasi, code completion akan langsung berfungsi (lihat juga artikel saya http://bpdp.blogspot.com/2013/04/menggunakan-vim-sebagai-ide-go.html sebelumnya yang membahas instalasi gocode).


Sebenarnya masih banyak fasilitas lain, tetapi untuk permulaan uraian ini saya pikir mencukupi. Saya akan menambahkan beberapa kelengkapan lagi di posting-posting berikutnya.

Happy hacking!
















0 comments:

Poskan Komentar